Bupati Inhil Peringati HCTPS Sedunia Bersama Siswa/i SDN 007 & SDN 008 Tembilahan

Selasa, 23 Oktober 2018 - 23:06:56 WIB | Di Baca : 174 Kali
Bupati Inhil Peringati HCTPS Sedunia Bersama Siswa/i SDN 007 & SDN 008 Tembilahan
Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan turut memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2018 bersama siswa/i SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan, Selasa (23/10/2018) pagi.
 
Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan, anggota Forkopimda Kabupaten Inhil, Pejabat Eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, Ketua Organisasi Wanita dan segenap keluarga besar SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan.
 
Kegiatan yang ditaja oleh TP PKK Kabupaten Inhil bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil ini, mengusung tema "Masa Depan Kita Ada di Tangan Kita". Tujuan pelaksanaan HCTPS ini ialah untuk menerapkan aktifitas cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat sebagai perilaku hidup bersih dan sehat.
 
Bupati Inhil, HM Wardan bersyukur dan merasa bahagia dapat bersilaturahmi dengan keluarga besar SDN 007 dan SDN 008 pada pertemuan dalam rangka memperingati HCTPS ini.
 
"HCTPS merupakan kampanye yang sudah dicanangkan sejak tahun 2008 lalu oleh PBB guna menyerukan pentingnya peningkatan kualitas kesehatan dengan praktek higiene dan sanitasi di seluruh dunia," ujar Bupati dalam sambutannya di halaman SDN 007 dan SDN 008, Jalan Bunga, Tembilahan.
 
Kebersihan tangan, menurut Bupati, sangat diperlukan, mengingat tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan menghindarkan manusia dari penyakit akibat makanan tercemar kuman yang berada di tangan.
 
Peringatan HCTPS ini, diungkapkan Bupati, pada dasarnya dilaksanakan secara global setiap tanggal 15 Oktober. Peringatan HCTPS rutin digelar setiap tahun guna mengingatkan pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat kepada masyarakat, terutama kepada anak - anak sejak dini sebagai generasi penerus.
 
"Cuci tangan pakai sabun, merupakan suatu perilaku hidup sehat yang dapat dilakukan dengan cara sederhana dan tanpa biaya mahal serta telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran berbagai penyakit," jelas Bupati.
 
Senada dengan yang dikatakan Bupati, Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan juga menjelaskan, bahwa cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit.
 
"Meskipun demikian, belum banyak masyarakat yang mengetahui dan menyadari akan hal tersebut. oleh sebab itu, peringatan HCTPS ini penting kita laksanakan, untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat," paparnya.
 
Kampanye cuci tangan pakai sabun, menurut Hj Zulaikhah Wardan juga adalah upaya menurunkan tingkat kematian akibat penyakit tertentu yang dapat ditularkan melalui tangan yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, cuci tangan pakai sabun adalah langkah pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.
 
"Tidak hanya itu, peringatan HCTPS ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah," terang Zulaikhah. 
 
Ibunda Negeri Hamparan Kepapa Dunia ini mengutarakan, penyelenggaraan HCTPS di SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan ini merupakan sebuah komitmen dan langkah nyata gerakan TP PKK membantu Pemerintah Daerah dalam memberikan pemahaman betapa pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai sejak dini, sekaligus menyokong pembangunan daerah khususnya dalam bidang kesehatan. 
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan juga menyerahkan bantuan alat dan perlengkapan cuci tangan dari Dinas Kesehatan Inhil, serta bingkisan berupa kain sarung dan mukena kepada anak yatim piatu SDN 007 dan SDN 008 Tembilahan. 
 
Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian tata cara cuci tangan pakai sabun serta tarian peragaan cuci tangan pakai sabun oleh TP PKK Inhil, tenaga kesehatan, serta murid SDN 007 dan SDN 008. Acara ditutup dengan pelaksanaan cuci tangan pakai sabun oleh Bupati dan Ketua TP PKK beserta rombongan.(Adv)

Akses weRiau.com Via Mobile m.weriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Mendikbud Buat Kontrak Belajar Demi Tata Hubungan Siswa-Guru

Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:40:59 WIB

weRiau.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tengah membentuk 'kontrak belajar' untuk menata hubungan antara siswa dan guru di sekolah. Dalam merancang kontrak itu, Muh

Lowongan Kerja Tranvision Pekanbaru

Selasa, 28 Februari 2017 - 14:40:07 WIB

PEKANBARU - Bagi anda khususnya para lelaki yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan, PT.INDONESIA TELEMEDIA (TRANVISION) RO PEKANBARU sedang membutuhkan karyawan yang akan menduduki jabatan :

Mantap, Siswa SDN 004 Perkebunan Sei Lala Wakili Inhu di OSN Tingkat Provinsi Riau

Selasa, 03 April 2018 - 10:51:17 WIB

INHU - Mantap, Fathan Nur Rayyan, seorang Siswa SD Negeri 004 Perkebunan Sei Lala mewakili Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dalam seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Riau. Fathan

Dr. R. Sri Handayani, SE.,MM lantik 15 pejabat Eselon.

Jumat, 08 September 2017 - 19:11:01 WIB

Tembilahan - Bertempat di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Rabu (6/9/2017), Rektor Universitas Islam Indragiri (Unisi) Dr. R Sri Handayani, SE., MM., resmi lantik 15 Pejabat Eselon di lingkungan Uni

Hore! Gedung PAUD Anak Bangsa Desa Rawa Sekip Diresmikan

Rabu, 01 November 2017 - 12:54:51 WIB

KUALA CENAKU - Pemerintah Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar acara peresmian Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Anak Bangsa, Selasa (31/10/2017).

Kejari Inhu Gencar Sosialisasi Hukum dan Narkoba di Sekolah

Rabu, 27 September 2017 - 13:16:18 WIB

INHU - Setelah menggelar sosialisasi hukum di SMPN 1 Sei Lala, kini giliran SDN 026 Pematang Reba yang disambangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Inhu, Senin (25/9/2017). Kedatangan rombongan Kejari Inhu y