Mantap, Kabid Binpres KONI Inhu Dipercaya Menjadi Wasit Asian Games

Senin, 20 Agustus 2018 - 16:29:06 WIB | Di Baca : 580 Kali
Mantap, Kabid Binpres KONI Inhu Dipercaya Menjadi Wasit Asian Games Kabid Binpres KONI Inhu, Virgoritno Rosa
INHU - Indonesia telah dipercaya sebagai tuan rumah turnamen olahraga se-Asia yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Event olahraga asian games 2018 ini dilaksanakan mulai dari 18 Agustus 2018-2 September 2018.
 
Menariknya, pada perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia ini, Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Virgoritno Rosa dipercaya menjadi wasit dalam salah satu Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di Asian Games, yakni cabor Kabaddi.
 
Virgoritno Rosa saat dikonfirmasi, Senin 20 Agustus 2018 mengaku sangat bangga dan bersyukur, karena diberi tanggung jawab untuk bisa bertugas di Asian Games.
 
Pria yang akrab disapa Ucok Virgo ini menceritakan bahwa menjadi wasit cabor Kabaddi berawal dari seorang teman yang merupakan Pengurus Besar (PB) Kabaddi yang mengajaknya untuk menyebarkan ke provinsi Riau. 
 
"Kebetulan didaerah kita (Riau) belom ada, jadi kenalan saya di PB Kabaddi pusat mengajak saya. Awalnya saya kurang begitu paham, namun saya mencoba mempelajari tentang Kabaddi melalui beberapa referensi, baik itu buku, internet, maupun youtube. Dan alhamdulillah, akhirnya saya dipercaya menjadi wasit di Asian Games," terangnya.
 
"Saat ini saya sedang berada di Jakarta, tepatnya di Teater Garuda tempat berlangsungnya pertandingan Kabaddi. InsyaAllah sepulang dari tugas menjadi wasit ini, saya diberi mandat untuk membentuk Pengurus Provinsi (Pengprov) Kabaddi Riau," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, dilansir dari Kreedon.com, Kabaddi adalah permainan khas India yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu berasal dari zaman prasejarah di negara bagian Tamil Nadu. Kabaddi diyakini berasal dari kata “kai pidi” yang berarti “berpegangan tangan” dalam bahasa Tamil.
 
Menurut naskah kuno Mahabharata, Arjuna bahkan memiliki bakat unik dalam permainan Kabaddi. Dia dapat masuk ke dalam dinding musuh, menghancurkan mereka semua dan kembali tanpa terluka. Selama bertahun-tahun, Kabaddi dimainkan untuk latihan fisik oleh para murid sekolah-sekolah di India.
 
Aturan Main
 
Dalam satu permainan, tim dibagi menjadi dua yang akan bertanding dan masing-masing terdiri dari 7 pemain. Satu orang dari satu tim akan menyerang kubu lawan dan menyentuh salah satu anggota tim lawan dan kembali ke area timnya.
 
Uniknya, seseorang saat sedang menyerbu ke pihak lawan harus meneriakkan "Kabaddi,kabaddi, kabaddi" berulang-ulang sambil menahan nafas. Sementara itu, tim lawan harus menahan penyerang hingga akhirnya tidak kuat untuk menahan nafasnya lagi.
 
Popularitas Kabbaddi di Mata Dunia
 
Aturan baku permainan Kabaddi dibakukan pertama kali pada awal abad ke-20.
 
Pada 1990, Kabaddi kemudian masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games ke XI di Beijing. Kabaddi juga kemudian mendapat pengakuan sebagai permainan nasional Bangladesh 1972. Ia menjadi permainan negara bagian dari 7 negara bagian India. Bahkan Kabbadi dikenal sebagai Chedu-Gudu di India Selatan, Gudu di Srilanka, Ha-Do-Do di India Timur, Hu-Tu-Tu di India Barat, Kabadi, dan Theechub di Thailand. (rls) 
 
Simak videonya: 
 
 


Akses weRiau.com Via Mobile m.weriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Dihadiri Bupati Yopi, Senam Ceria KNPI Inhu di Air Molek Berlangsung Sangat Meriah

Sabtu, 16 September 2017 - 13:37:39 WIB

PASIR PENYU - Ribuan masyarakat mengikuti senam ceria dan pemeriksaan kesehatan gratis bersama Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE di Lapangan Garuda Air Molek, Kecamatan Pasir Penyu, Sabtu (16/9/2017).

Dikerjai Sergio Ramos, Kata Kasar Keluar dari Mulut Lionel Messi

Kamis, 17 Agustus 2017 - 22:38:49 WIB

weRiau.com - Emosi seseorang tidak bisa dikendalikan jika dalam kondisi tertekan. Hal itu dialami Lionel Messi saat Barcelona bertandang ke markas Real Madrid di leg II Piala Super Spanyol 2017, Kamis

Ayo Ramaikan .!! Malam Ini, PRMI Indragiri Hulu Gelar Nobar Final Liga Champion

Sabtu, 03 Juni 2017 - 14:18:26 WIB

INHU - Malam ini, Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) Regional Indragiri Hulu menggelar nonton bareng final Liga Champion antara Real Madrid melawan Juventus, bertempat di depan bengkel Sinar Motor,

Hebat ! Persib Bandung Berhasil Rekrut Mantan Pemain Chelsea dan AC Milan

Selasa, 14 Maret 2017 - 20:47:19 WIB

weRiau.com - Persib Bandung resmi memperkenalkan pemain anyarnya, Michael Essien di Graha Persib, Selasa (14/3/2017) bertepatan dengan ulang tahun Maung Bandung ke-84. Mantan pemain Chelsea dan AC Mi

Anda Masih Ingat Mantan Kiper Timnas Hendro Kartiko, Ternyaa Ini Kesibukannya Sekarang

Sabtu, 17 Juni 2017 - 14:44:14 WIB

weRiau.com - Nama Hendro Kartiko jelas bukan nama yang asing bagi pecinta klub Arema. Pria berusia 44 tahun tersebut sempat lama menghabiskan waktunya bersama Singo Edan, baik sebagai pemain maupun pe

Buka Turnamen Mini Soccer LMPI di Seberida, Ini Harapan Wabup Inhu

Jumat, 11 Agustus 2017 - 14:43:22 WIB

SEBERIDA - Wakil Bupati Inhu H Khairizal resmi membuka turnamen mini soccer Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) Kabupaten Inhu Cup 2017, Kamis (10/8/2017) sore. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan s